Beritadefault

Agar Akal Selalu Sehat, Miftahulhaq : Sirami dengan Ilmu Pengetahuan

TABLIGH.ID, BANTUL —Wakil Sekretaris Majelis Tabligh Pimpinan Pusat muhammadiyah Miftahulhaq menjelaskan bahwa Akal tidak akan pernah dapat tumbuh secara sempurna apabila tidak disirami dengan Ilmu Pengetahuan yang baik.

“Ini kata kunci yang penting dalam kita beragama. bahwa akal kita tidak akan mampu menangkap petunjuk Allah, menangkap larangan-larangan Allah, perintah-perintah Allah, kalau kemudian kita tidak tambah pupuknya tidak kita sirami dengan pengetahuan,” Tutur Miftah dalam kajian KM3 online pada sabtu (18/9).

Untuk merawat akal, kata Miftah, sejatinya telah dikatakan sebagai perangkat dan itu bagaikan biji tanaman, kalau biji tanaman itu ditanam di dalam tanah agar bibit akar itu tumbuh dan kemudian menjadi pohon yang harus disirami secara terus-menerus.

Miftah kemudian menambahkan, tentu pengetahuan yang mampu mendukung pemahaman keagamaan kita dan dalam konteks ini tidak semuanya berdasarkan Quran dan Sunnah tetapi juga bisa berupa ayat-ayat kauniyah.

Dalam perkembangan sekarang, pendekatan keilmuan pemahaman keagamaan yang dikembangkan oleh Muhammadiyah sekarang bisa juga menggunakan pendekatan bayani, burhani, dan Irfani.

“Pengetahuan itu harus terus kita cari yang kita miliki itu betul-betul mampu tumbuh dan menariknya KH Ahmad Dahlan mengingatkan kepada kita agar segala usaha untuk menyiram akal itu dengan pengetahuan itu harus sejalan dengan kehendak Allah Yang Maha Kuasa,’’ ungkap miftah.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker