Beritadefault

Fathurrahman Kamal Ungkap Perkara yang Dikhawatirkan Rasulullah Saat Umatnya Beribadah

TABLIGH.ID, BANTUL— Pada suatu kesempatan Rasulullah menyampaikan pesan kepada para sahabatnya tentang kekhawatirannya. Kekhawatiran Rasulullah terhadap umatnya ini disampaikannya melalui hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad yang berbunyi “Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil, yaitu riya,” (HR Ahmad).

Jadi riya itu ibarat semut yang hitam berada di atas batu karang yang hitam dan di tengah kegelapan malam. Artinya sesuatu yang sangat sama, bahkan jangankan orang lain kita barangkali sebagai orang yang beramal tidak merasakan bahwa sesuatu sesuatu itu adalah bagian daripada riya,” terang Fathurrahman Kamal dalam kajian Islamic Center UAD (26/9).

Agar kita ini bisa selamat dari perbuatan seperti itu, kata Fathur mengutip hadits Rasulullah, tentu pertama kita mengetahui Rasulullah di dalam hadits beliau menyatakan Innamal a’maalu bin niyyah, jadi perbuatan-perbuatan kita itu sesuai dengan niat.

Karenanya, para ulama menjelaskan kepada kita tempat bersemayamnya niat itu ada di dalam qalbu. Jadi bukan di dalam pikiran apalagi di dalam lisan kita, mengapa demikian karena akal kita, pikiran kita, ini juga bisa liar dan lisan kita ini bisa bersilat lidah, karena itu niat letaknya di dalam qalbu.

“Nah kalau niat itu berada di dalam qolbu, maka tentu yang harus kita rawat adalah qolbu itu sendiri agar tidak terjangkit dengan penyakit diantaranya adalah riya,” tutur dosen Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker