defaultPemikiran Islam

Islam Satu-Satunya Agama Yang Benar

Keyakinan bahwa Islam satu-satunya Agama yang Benar adalah termasuk perkara yang bersifat qath’i, tsawabit dan badihiy/ pasti, tetap dan jelas (minal umuridl-dlaruriyah fid din) yakni termasuk diantara perkara-perkara agama yang bersifat dhlaruriyah (suatu keharusan) karena telah disepakati dan didukung oleh seluruh ulama sepanjang masa, lebih-lebih oleh salafus salih ber-dasarkan nash-nash yang jelas dan tegas.

Namun demikian, sekarang perkara  tersebut sering mendapat rongrongan dari kalangan-kalangan tertentu dengan mengatasnamakan toleransi agama. Mereka menyebarkan paham pluralisme agama dan mengecam setiap orang yang meyakini dan menyatakan kebenaran agamanya dan kesesatan agama lain. Kelompok ini menyebarkan pahamnya dengan berbagai cara, baik melalui TV, majalah, koran, buku-buku dan film-film. Mereka tidak segan-segan mengutip ayat-ayat al-Qur’an yang ditafsirkan menurut selera mereka, Padahal hal itu jauh dari manhaj yang benar.

Denganlatar belakang itulah tulisan ini disajikan untuk menegaskan ulang bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar. Hal ini sebagaimana pernah ditegaskan dalam salah satu keputusan Munas Tarjih di Jakarta yangberbunyi: “sehubungan dengan munculnya pemahaman bahwa orang Islam yang mengklaim agama Islam sebagai  agama yang paling benar adalah salah. Berdasarkan al-Qur’an perlu ditegaskan kembali kepada warga Muham-madiyah  bahwa Islam adalah  satu-satunya agama yang benar dan diridhai Allah” (Keputusan Munas MajelisTarjihdiJakartatahun2000).

Dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah juga disebutkan: “mematuhi ajaran-ajaran Agama Islam dengan keyakinan bahwa ajaran Islam itu satu-satunya lan-dasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia dan akhirat”.

Selengkapnya DOWNDLOAD

Sumber : Tuntunan Islam Majelis Tabligh PP Muhammadiyah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker