AkhlaqAl-IslamAqidahBeritadefault

Sikap Muhammadiyah Kepada Pelaku Bid’ah?

BAGAIMANA pula anggapan Muhammadiyah terhadap kaum Muslimin yang masih banyak menjalankan bid’ah-bid’ah baik dalam soal soal ketauhidan maupun soal-soal peribadatan ?

Sebagaimana jawaban terhadap pertanyaan nomor 7, maka demikian pula terhadap pertanyaan ini. Soal bid’ah Muhammadiyah hanya berpedoman kepada sabda Nabi Besar Muhammad SAW. lalah, bahwa kita harus menjauhi perbuatan bid’ah. Semua bid’ah dalam agama itu sesat dan semua yang sesat itu neraka tempatnya. Meskipun demikian pendapat Muhammadiyah tentang bid’ah, Muhammadiyah tidak setuju kalau para ahli bid’ah itu hanya dicaci-maki, dikutuk, dilaknati, dikatakan masuk neraka dan sebagainya. Menurut Muhammadiyah demikian itu bukan menambah dekat, malahan menambah jauh. Muhammadiyah cukup menunjukkan amalan-amalan atau hal-hal yang dituntunkan Rasulullah SAW.

Kepada mereka kaum Muslimin yang masih suka kepada bid’ah itu terserah mereka. Muhammadiyah akan bekerja terus memberikan penerangan dan penjelasan-penjelasan tentang amal-amal ibadat yang menurut Sunnah Rasulullah menurut Quran dan Hadits, dan terus mengajaknya. Memang dalam langkah atau cara Muhammadiyah yang demikian itu banyak juga yang menyatakan bahwa Muhammadiyah itu lemah iman. Tidak berani tegas secara terang-terangan. Terhadap yang berpendapat demikian, Muhammadiyah berterima kasih. Muhammadiyah ingin menenggang.

Muhammadiyah ingin rasa Ukhuwwah Islamiyah terjaga. Muhammadiyah ingin hendaknya tali persaudaraan jangan terputus. Sebab Muhammadiyah berpikir bahwa dengan tak usah memperuncing saja orang lain telah sengaja memecah ummat Islam. Konon, kalau kita retak sesama Islam, tentu orang lain juga yang beruntung. Benar tidaknya,

Wallahu a’lam bissowab !!!

Sumber :  Poin Ke – 8 dari Sub Judul (Kesadaran Beragama dalam Muhammadiyah)

“Pesan dan Warisan Pak A.R.” Diterbitkan Oleh : PT BP Kedaulatan Rakyat Yogyakarta 1995

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker