Beritadefault

Sumber Petaka Itu Bernama Lisan, Fathurrahman Kamal Ingatkan Pentingnya Menjaga Lisan

TABLIGH.ID, YOGYAKARTA – Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Badan Pembina Harian UAD memberikan nasihat bagaimana pentinya menjaga lisan. Menurut Fathur, orang yang beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya adalah terampil menjaga lisan dari ucapan buruk, dan dari perkataan-perkataan yang tiada berguna.

Lisan didalam kehidupan seorang muslim tidak main-main, dengan lisan itulah kemudian kita mengetahui apakah seseorang itu memiliki keimanan didalam dirinya atau terdapat kekufuran didalam hatinya.

“Ada tiga dimensi keimanan dalam Islam yakni membenarkan dengan kalbu, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikannya dengan perbuatan jasad,” Ujar Fathurrahman Kamal (29/8) pada pengajian rutin Ahad pagi.

Sedemikian posisi lisan didalam kehidupan kita, apakah lisan ini kemudian akan kita lepas bebaskan begitu saja atau kemudian lisan kita ini dipandu oleh ikatan-ikatan agama.

Mengutip hadits Rasulullah, Fathurrahman Kamal menjelaskan, seorang muslim yang sejati adalah manakala orang-orang muslim lainnya merasa aman dari lisan dan tangannya. Ada juga hadis populer yang berbunyi, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah dia berkata baik atau diam saja.

Cobaan yang paling besar di dunia yaitu lisan dan kemaluannya. Jika dua keburukan itu diselamatkan Allah, maka selamat semua bentuk keburukan. Oleh karena itu, senantiasa menjaga lisan. Seharusnya saat berkomunikasi secara nonverbal, harus merenungkan betul yang diucapkan sebelum bertutur.

“Ucapan yang tidak diperlukan bisa merusak kejernihan hati. Perlakukanlah kedua telingamu dengan adil daripada kedua mulutmu. Artinya, engkau mendengar lebih banyak daripada berbicara. Allah mengajarkan lebih banyak mendengar, daripada berbicara,” tutup Dosen Universitas Muhammadiyah ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker