Beritadefault

Islam Mengatur Kewajiban Orangtua dalam Mengasuh Anak

TABLIGH.ID, JAKARTA — Orangtua memiliki kewajiban mengasuh anaknya dan anak berhak mendapatkan pengasuhan dari orangtuanya (QS. At Tahrim: 6 dan QS. Thaha: 132). Hal ini disampaikan Wakil Sekretaris  Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Fakhrurrozi Reno Sutan dalam Kajian Ahad Pagi yang diselenggarakan Majelis Tabligh PP Muhammadiyah pada Ahad (09/01).

Fakhrurrozi menerangkan bahwa istilah pengasuhan dalam bahasa fikih dinamakan “hadhanah”, yang secara bahasa berasal dari hadhana-yahdunu-hadhnan yang berarti mengasuh anak atau memeluk anak. Menurut ulama Hanafiah, hadhanah berarti usaha mendidik anak yang dilakukan oleh seorang yang mempunyai hak mengasuh.

“Dalam Islam pengasuhan itu bukan hak tapi kewajiban. Karena anak tidak bisa memilih di mana ia harus dilahirkan, makanya anak berhak mendapat asuhan dan orang tua berkewajiban mengasuh anaknya,” tutur Fakhrurrozi Reno Sutan.

Anak merupakan anugerah sekaligus amanah yang diberikan Allah Swt kepada keluarga. Dengan demikian keluarga atau orangtua bertanggungjawab untuk memenuhi hak-hak anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat, mendapatkan pendidikan yang baik, lingkungan (bi’ah) yang sehat dan juga mendapat asupan gizi yang cukup. Para ulama menetapkan bahwa pemeliharaan anak hukumnya wajib bagi orangtua atau keluarga berdasarkan QS. al-Baqarah ayat 233 dan QS at-Tahrim ayat 6. Karenanya, Pengasuhan utama bagi anak di bebankan kepada keluarga inti.

Namun dalam kenyataannya, tidak semua anak mendapatkan pengasuhan yang baik dan sehat di dalam keluarga inti tersebut. Dalam buku Fikih Perlindungan Anak yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdidi PP Muhammadiyah menegaskan bahwa bagi anak-anak yang kurang mendapatkan pengasuhan dari keluarganya tersebut, menjadi kewajiban umat Islam untuk memberikan pengasuhan (QS. al-Baqarah: 220).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker