Beritadefault

Orang Beriman harus Merawat dan Melestarikan Lingkungan dengan Baik

TABLIGH.ID, JAWA BARAT— Permasalahan lingkungan perlahan-lahan kembali mengemuka, misalnya masalah perubahan iklim global dan lokal, pencemaran atmosfer, tanah, sistem air dan laut, erosi tanah, penggundulan hutan dan gurun, kerusakan kesehatan manusia, termasuk sejumlah penyakit zaman modern.

Dalam acara Gerakan Subuh Mengaji (GSM) yang diselenggarakan  Aisyiyah Jawa Barat (30/09) dengan tema Selamatkan Lingkungan Hidup dengan Pemanfaatan Sampah Sekretaris Eksekutif Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Ananto Isworo menjelaskan bahwa kerusakan di darat dan di bumi disebabkan oleh campur tangan manusia.

Membawakan Firman Allah dalam surah Ar-Rum ayat 41 Ananto Isworo menjelaskan, “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Allah menjelaskan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka. Kalau kita menggundul hutan maka akan terjadi longsor kalau kita tidak memelihara air dengan baik maka akan terjadi kekeringan, dan kalau kita tidak mengelola pohon dengan baik maka bisa mengakibatkan banjir,” ujarnya.

Ada banyak cara Merawat Lingkungan diantaranya :

Pertama, memanen air hujan dari genteng rumah masing-masing, buat sumur resapan, dan alirkan ke dalamnya.
Kedua, memanen air wudhu dengan ember kemudian manfaatkan untuk menyirami  tanaman yang tumbuh di lingkungan Sekitar.
Ketiga, kelola sampahmu dengan 3 M (Memilah, Mengelola, Memanfaatkan), kemudian Shadaqahkan Sampah pada tempatnya dengan membuat gerakan Shadaqah sampah di rumah dan lingkungan masing-masing.
Keempat, tanamlah pohon sebanyak-banyaknya sebelum kita mati dan sebelum menjumpai datangnya Hari Kiamat.
“Mari sebagai orang yang beriman kita tinggalkan yang baik untuk generasi yang akan datang,” pesan Ananto.

 

Tonton Selengkapnya :

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker