Beritadefault

Pesan Nabi Muhammad Jangan Berlebihan Makan dan Minum

TABLIGH.ID,YOGYAKARTA–Di zaman modern ini, pola makan bisa jadi tidak terkendali. Banyaknya makanan dan minuman siap saji dengan kalori dan gula yang tinggi menyebabkan munculnya penyakit.

Dalam ajaran Islam yang mulia, manusia diperintahkan oleh Allah agar makan secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Anggota Majelis Tabligh Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Dra. Umu Hani Edi Nawangsih, M.Kes, mengingatkan agar tidak makan berlebihan ketika saat berbuka puasa karena bisa mengakibatkan malas dalam menjalankan ibadah selanjutnya.

Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan agar umatnya tidak selalu mengumbar syahwat perutnya.

“Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihkannya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas”  begitu sabda Rasulullah yang di riwayatkan At-Tirmidzi (2380).

Begitulah pesan Rasullah SAW, beliau orang yang paling paham tentang makna lapar, sehingga lebih senang melakukan puasa. Meski di saat lain, beliau mendapat makanan banyak, beliau pun segera akan membagi-bagikannya kepada orang miskin.

Dalam Hikmah Ramadan di kanal Youtube Majelis Tabligh Muhammadiyah, Senin (11/4) Umu Hani lantas mengutip ayat QS. Al Baqarah ayat ke -168.

“Dalam tuntunan Al-Qur’an tentunya sudah ada pedomannya sehingga mari kita laksanakan makan yang sederhana namun bergizi tidak berlebihan, memenuhi kebutuhan tubuh kita agar senantiasa sehat,” tutur Dosen Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta ini. [roni]

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker