Tazkiyatun Nufus

Sebab Kemunduran Peradaban Islam

TABLIGH.ID–Peradaban Islam pernah menjadi peradaban yang ditakuti oleh barat yang dimulai dari abad ke 3 setelah kenabian sampai runtuhnya Baghdad oleh Hulagu Khan. Abad tersebut disebut sebagai developing Islam atau Islam yang berkembang. Pada abad itu Islam berkembang dengan sangat pesat baik dari segi peribadatan maupun keilmuan. Perkembangan pesat tersebut merupakan buah dari berjalannya  lima bidang keilmuan Islam yaitu Akidah, Ibadah, Muamalah, Akhlak dan Budaya. Umat Islam pada abad itu tidak hanya condong kepada salah satu bidang saja melainkan semuanya dijalankan dengan harmoni dan saling mempengaruhi.

Peradaban Islam merupakan peradaban besar di dunia. Kemajuan serta kemundurannya terekam jelas di dalam buku-buku sejarah yang ditulis oleh para ulama maupun para ahli sejarah barat. Sebagaimana peradaban besar lain, peradaban Islam juga mengalami pasang surut. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi pasang surut tersebut yang diantaranya akan dijelaskan berikut ini.

Pertama, bentuk pemerintahan. Faktor ini sangat mempengaruhi bagaimana keadaan umat Islam. Sebagai contoh bentuk pemerintahan dengan model semi kerajaan yang mulai diadopsi oleh Bani Umayyah. Pengangkatan putra mahkota pada model pemerintahan ini berdasarkan keturunan. Seringkali putra mahkota diangkat karena ia adalah anak pertama raja dan bukan karena memiliki kemampuan. Hal inilah yang menyebabkan naik-turunnya kekuatan kerajaan sehingga mempengaruhi kesejahteraan umat Islam pada waktu itu.

Kedua, dinamisasi ijtihad keilmuan dan praktek keagamaan. Sepanjang perjalanan peradaban Islam, ada saat-saat dimana pintu ijtihad benar-benar tertutup. Umat Islam yang pintar secara keilmuan tidak diberi kesempatan untuk berijtihad. Tertutupnya pintu ijtihad tersebut menyebabkan keilmuan Islam tidak berkembang dengan kosongnya pemikiran-pemikiran baru yang cemerlang. Keadaan itulah yang menyebabkan kemunduran umat Islam.

Seperti yang disebutkan dalam alinea pertama bahwa umat Islam mengalami kemajuan saat lima bidang keilmuan Islam dijalankan secara bersamaan. Untuk itu, untuk mengembalikan kejayaan umat Islam seperti saat abad developing Islam, kita perlu menerapkan kelimanya serta tidak condong hanya ke salah satu bidangnya saja. [Tfk]

Tonton selengkapnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker