AkhlaqAl-IslamBeritaIbadahKemuhammadiyahan

Unta Sapi atau Domba, Mana Hewan Kurban yang disyariatkan?

TABLIGH.ID, YOGYAKARTA—Jika mengacu kepada pendapat: Hanafiyah, Syafi’iyah, Hanabilah, Ibnu Hazm: Berkurban dengan satu unta lebih baik dari berkurban dengan satu sapi. Berkurban dengan satu sapi lebih baik daripada berkurban dengan satu domba. Satu domba lebih baik dari satu per tujuh sapi.

Sementara pendapat Imam Maliki: Yang terbaik adalah kambing, kemudian sapi, kemudian unta. Berdasarkan hadis Anas bin Malik. Nabi selalu memilih yang paling afdhal. Dilandasi oleh kebanyakan kurbannya Rasulullah saw adalah dengan kambing/domba.

Mencermati pendapat ulama di atas bahwa urutan yang paling afdhal (utama) dalam berkurban masih diperselisihkan. Namun demikian pendapat yang mengatakan bahwa unta lebih utama jika mampu, lalu urutan kedua sapi, dan urutan ketiga kambing. Ini adalah pendapat yang lebih kuat pendapat ini dilandasi beberapa dalil, di antaranya:

1)  Urutan binatang kurban dalam hadis Nabi saw tentang keutamaan lebih awal mendatangi shalat Jum’at dimulai dengan unta, lalu sapi, kemudian kambing.

Dari Abu Hurairah (diriwayatkan) bahwa Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa mandi pada hari jum’at, kemudian pergi (shalat jum’at) pada saat pertama maka seakan-akan ia berkurban unta, barangsiapa pergi pada saat kedua maka seakan-akan ia berkurban seekor sapi, barangsiapa pergi pada saat ketiga maka seakan-akan ia berkurban seekor kambing…” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

2) Binatang unta lebih besar, lebih mahal dan lebih banyak dagingnya sehingga lebih bermanfaat buat kaum muslimin.

3) Adapun kondisi Rasulullah saw berkurban dengan kambing/domba, untuk meringankan umatnya karena tidak semua orang mempunyai unta, tetapi banyak manusia memiliki kambing.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker