Beritadefault

Yang Hilang dari Diri Kita: Akhlak!

TABLIGH.ID,YOGYAKARTA — Dalam sebuah hadis riwayat Imam Ahmad, dari Abu Hurairah, beliau bersabda: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak” (HR al-Baihaqi dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu).

Dalam Pengajian Malam Selasa (PMS) Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Senin (17/1) Ustaz Muhammad Damami Zein menyampaikan bahwa Melalui akhlak ini Rasulullah membangun keadaban, dan tentang keadaban itu bukan benar dan salah, tapi lebih condong tentang baik buruk.

“Saya tergelitik dengan sebuah buku yang berjudul Yang Hilang dari Kita : Akhlak,” tutur Damami Zaen.

Atas pemaknaan itu menurut Zaen, “Kita punya kitab tebal-tebal tentang akhlak bahkan dalam keseharian ucapan akhlak itu sudah tidak asing dari telinga kita. Kenyataannya berarti amaliah itu menjadi tanda tanya besar,” jelasnya.

Persoalan Akhlak berarti perkara yang penting, dijelaskan oleh Damami Zein ibarat akhlak itu melenting keatas yang artinya merupakan perkara yang harus selalu diperhatikan.

Karena itu, Damami Zaen berpesan agar setiap muslim terutama warga Muhammadiyah memperhatikan akhlak masing-masing agar menjadi muslim yang baik dan manfaat untuk sesama.

“Melalui Pengajian Malam Selasa (PMS) yang dirintis oleh K.H Ahmad Dahlan yang menjadi amal jariah beliau, yang InsyaaAllah mari kita meneruskan Amal Jariah beliau agar terus memanjang,” pesannya. [roni]

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker