AkhlaqBeritadefault

Bagian dari Akhlaq Terhadap Diri Pribadi Adalah Menutup Aurat dengan Baik

TABLIGH.ID,YOGYAKARTA. Aurat secara bahasa memiliki banyak makna, salah satunya bagian yang harus ditutupi atau sesuatu yang buruk. Di dalam Alquran, Allah SWT menyebutkan kata aurat dengan makna sesuatu yang terbuka dan tidak terjaga.

Menurut para ulama pengertian Aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh terlihat dari pandangan-pandangan yang tidak boleh melihatnya. Allah SWT memerintahkan semua hamba-Nya untuk menutup aurat, baik laki-laki maupun perempuan.

“Karena semuanya tidak ada yang terlewatkan dalam pedoman hidup kita Umat Islam di dalam Al-Quran dan As-Sunnah itu semuanya ada, termasuk tentang Aurat,” Jelas Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anhar Anshori, Kamis (7/10) dalam Kajian Rutin Ba’da Maghrib di Masjid Islamic Center UAD.

Dalam tradisi Islam yang bersumber dari hadis Nabi, bahwa menutup aurat adalah kewajiaban baik laki-laki maupun perempuan.

Karenanya, Anhar berpesan agar warga Muhammadiyah menjaga Aurat baik ketika di dalam Rumah maupun ketika berada di luar Rumah.

Apalagi, menutup aurat itu adalah ibadah, karena itu adalah perintah Allah kalau kita laksanakan berpahala kita kalau tidak kita laksanakan kita berdosa.

“Busana muslim dan muslimah itu adalah identitas, kita sebagai seorang muslim atau muslimah kapanpun dimanapun kita ada identity, tetapi bukan sekedar identitas akan tetapi hakikatnya adalah perintah ibadah, itu yang paling penting,” imbuhnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker