AkhlaqAl-IslamBeritadefault

Ujian Hidup Terasa Mudah, Jika di bawah Naungan Allah

TABLIGH.ID, YOGYAKARTA – Allah SWT tidak akan membiarkan hambanya mengatakan aku beriman tanpa diberi ujian dan cobaan. Begitu disampaikan Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2010-2015 pada Pengajian Virtual Orbit, Kamis (12/8).

Menurutnya, Sebagai seorang manusia yang beriman, Allah akan selalu memberikan ujian kepada hambanya. Namun, di dalam ujian tersebut Allah sudah memberikan janji-Nya yang tertuang dalam Al-Qur-an surat Ali-Imran ayat ke-5.

“Dia mengurus semua makhluk-Nya, maka bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi, baik makhluk yang berada di bumi dan yang di langit, baik kecil maupun besar. Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu.”

Dengan hidup dalam naungan Allah maka ujian dan cobaan yang datang akan terasa mudah untuk dilalui. Berzikir dan selalu mengingat Allah dalam setiap keadaan akan membuat hati seorang manusia menjadi tenang.

Din Syamsuddin berkeyakinan bahwa keyakinan itu terpatri dalam diri maka apapun bisa diatasi. “Dengan menjalankan semua ajaran nilai-nilai Allah, maka Insyaallah hidup kita akan memperoleh ketenangan, kebahagiaan,” kata Din.

Dalam situasi pandemic covid-19 sekarang ini tak sedikit orang-orang yang dicintai lebih dahulu menghadap Allah subhanahu wata’ala. Din mengajak peserta iuntuk merenung dan mengambil pelajaran dari pengalaman Ary Ginanjar Agustian terpapar Covid-19.

Din melanjutkan dengan memberikan doa yang diajarkan Rasululah Shalallahua’alaihi wasallam. “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari lenyapnya nikmatmu. Dan bergeser keafiatan darimu. Dan datang tiba-tiba kesusahan. Dan dari segala kesusahan yang menimpa kami ya Allah ya robalalamin.”

Di bulan yang juga bertepatan dengan kemerdekaan Republik Indonesia dan tahun baru Hijriah ini, Din juga berpesan untuk selalu merawat rasa optimisme, semangat kemerdekaan, juga memaksimalkan ikhtiar dunia dan ikhtiar langit agar supaya bangsa Indonesia bisa segera sembuh dan merdeka dari pandemi covid-19.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker