Beritadefault

Pentingnya Mengajarkan Anak Bersyukur Sejak Dini

TABLIGH.ID,YOGYAKARTA — Dalam Qur’an Surat Ibrahim ayat 7 Allah SWT berfirman. Yang maknanya jika kamu bersyukur atas nikmat Allah SWT, maka akan ditambah. Namun, jika mengingkari, maka akan mendapat Azab Allah SWT yang pedih.

Anggota Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Nur Hidayani dalam pengajian PDM Bantul Mengaji, Ahad (16/1) menuturkan bahwa pentingnya mengajari anak untuk selalu bersyukur sejak dini.

Pentingnya bersyukur kepada Allah ditekankan dalam QS Luqman ayat 12, “Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji.”

“Bersyukur dalam bentuk beribadah kepada Allah, karena orang yang bersyukur akan beruntung dan insyaaAllah akan ditambah Nikmat-Nya, sesuai firman Allah QS Ibrahim Ayat 7,” tutur Nur Hidayani.

Sejak usia dini anak sangat perlu diajari perlunya beryukur. Contohnya Anak usia 3-6 tahun. Bagaimanakah cara mengajarkannya? Ketika anak mendapatkan sesuatu, maka ajarkan untuk beryukur. Paling gampangnya dengan mengucapkan “Al-Hamdulillah.

Dalam kesempatan tersebut Nur Hidayani juga mengingatkan kepada seluruh jamaah untuk selalu meminta pertolongan dengan do’a yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW.

‘Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika (Wahai Allah, aku mohon pertolongan agar aku selalu ingat (dzikir) kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah yang baik kepada-Mu).'” doanya. [roni]

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker