Beritadefault

Umat Islam Wajib Menjaga Lingkungan

TABLIGH.ID, YOGYAKARTA—Agama Islam mengajarkan umatnya menjaga lingkungan hidup. Menjaga lingkungan hidup agar tetap asri, nyaman, bersih, sama dengan menjaga keturunan manusia di bumi. Mewariskan kerusakan lingkungan hanya akan menghancurkan kelangsungan hidup generasi yang akan datang.

“Jangan manusia mengatur alam sekehendaknya, kita ajarkan kepada anak cucu kita bahwa menjaga lingkungan adalah ibadah,” ujar Ananto Isworo dalam Kajian Jumat sore di kanal Youtube Majelis Tabligh PP Muhamamadiyah pada Jumat (29/07).

Demikian pentingnya melestarikan lingkungan hidup, Ananto mengapresiasi Majelis Tabligh PP Aisyiyah yang bekerjasama dengan Majelis Tabligh PP Muhammadiyah mengadakan acara ini guna meng-edukasi bahwa menjaga lingkugan adalah tugas bersama. Baginya, Muhammadiyah merasa berkepentingan ikut serta menjaga dan melindungi lingkungan dari kerusakan yang disebabkan terutama oleh manusia. Hal ini merupakan implementasi nyata dari penggalan QS. Al Baqarah ayat 164.

“Ini penting kita lakukan karena sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk melestarikan alam, karena sebagai orang beriman wajib bahwa mencintai alam adalah bagian dari ibadah,” ujar Sekretaris Eksekutif Majelis Tabligh PP Muhammadiyah.

Ananto menegaskan bahwa harmonisasi alam dan manusia harus terus diupayakan. Segala kegiatan konsumsi dan produksi yang dilakukan harus memperhitungkan keberlangsungan sumber daya alam dan dampak lingkungan yang diakibatkannya. Hal tersebut harus terus dikampanyekan sekaligus diupayakan agar bumi tetap menjadi planet yang nyaman dan sehat untuk dihuni oleh umat manusia saat ini maupun generasi yang akan datang.

“Mari kita menjaga Alam dengan baik karena semua itu ada timbal balik,agar bisa terus melindungi bumi kita sekaligus generasi yang akan datang,” tutur Founder Gerakan Shadaqah Sampah Berbasis Eco Masjid ini.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker